RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan : MTs 3 JAKARTA
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas/Semester : VIII/ 2
Pertemuan/Minggu ke : 3/3
Standar Kompetensi : Memahami hukum Islam tentang haji
Kompetensi Dasar : Menjelaskan ketentuan ibadah haji
Indikator :
- Mendefinisikan Pengertian dan hukum haji
- Menyebutkan syarat wajib dan syarat sah haji
- Menyebutkan rukun dan wajib haji
- Menyebutkan sunnah haji
A. Tatap Muka
1. Ringkasan Materi
· Haji adalah sengaja mengunjungi Mekah (Ka’bah) untuk mengerjakan ibadah yang terdiri atas tawaf, sai, wukuf dan amalan-amalan lainnya pada masa tertentu demi memenuhi panggilan Allah SWT dan mengharapkan ridha-Nya.
· Dalil haji terdapat dalam Q.S. Ali Imran 3: 97
· Syarat wajib dan syarat sah haji
· Rukun dan wajib haji
· Sunnah haji
2. Sumber Belajar
Referensi :
- Fiqih Islam, H. Sulaiman Rasjid, Bandung : Sinar Baru al Gensindo, cet: 40, 2007
Bahan ajar : Buku Panduan Belajar MTs
Media/Alat : Laptop dan in Focus
3. Metode
Ceramah dan CBSA
4. Langkah Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan | Aktivitas Guru/Siswa |
Pendahuluan | - Salam - Apersepsi - Menyebutkan tujuan pembelajaran |
Inti | Guru : - Menjelaskan pengertian haji - Menjelaskan dalil dan hukum haji - Menyebutkan syarat wajib dan syarat sah haji - Menyebutkan rukun dan wajib haji - Menyebutkan sunnah haji Siswa : - Mendengarkan penjelasan - Menanyakan yang kurang jelas |
Penutup | Evaluasi singkat - Post tes - Memberikan pekerjaan rumah (PR) - Menutup pelajaran dengan salam |
B. Tugas Terstruktur
1. Ringkasan Materi
· Haji adalah sengaja mengunjungi Mekah (Ka’bah) untuk mengerjakan ibadah yang terdiri atas tawaf, sai, wukuf dan amalan-amalan lainnya pada masa tertentu demi memenuhi panggilan Allah SWT dan mengharapkan ridha-Nya.
· Dalil haji terdapat dalam Q.S. Ali Imran 3: 97
· Syarat wajib dan syarat sah haji
· Rukun dan wajib haji
· Sunnah haji
2. Sumber Belajar
Referensi : Fiqih Islam, H. Sulaiman Rasjid, Bandung : Sinar Baru al Gensindo, cet: 40, 2007
Bahan ajar : Buku Panduan Belajar MTs
Media/Alat : Laptop dan in focus
3. Metode
Ceramah dan CBSA
4. Langkah Kegiatan Pembelajaran
Tahap Kegiatan | Aktivitas Guru/Siswa |
Pendahuluan | - Salam - Apersepsi - Menyebutkan tujuan pembelajaran |
Inti | Guru : - Menjelaskan pengertian haji - Menjelaskan dalil dan hukum haji - Menyebutkan syarat wajib dan syarat sah haji - Menyebutkan rukun dan wajib haji - Menyebutkan sunnah haji Siswa : - Mendengarkan penjelasan - Mendiskusikan materi - Tanya jawab |
Penutup | Evaluasi singkat - Post tes - Memberikan pekerjaan rumah (PR) - Menutup pelajaran dengan salam |
5. Kegiatan Mandiri
a. Materi Pembelajaran :
Ibadah Haji
b. Sumber Belajar
Refensi :
- Fiqih Islam, H. Sulaiman Rasjid, Bandung : Sinar Baru al Gensindo, cet: 40, 2007
Bahan Ajar : Buku Panduan Belajar MTs
c. Tugas Untuk Siswa :
Tes tertulis dengan penilaian hasil
Penilaian :
1. Bentuk Penilaian : pengamatan kinerja dan sikap, tes dan tugas.
2. Aspek yang dinilai : sikap dan pengetahuan
3. Jenis penilain : penilaian proses dan penilaian hasil
4. instrumen Penilaian : lembar pengamatan, soal
5. Indikator soal tertulis
a. Menyebutkan definisi haji
b. Menuliskan dalil haji.
c. Menyebutkan syarat wajib dan syarat sah haji
d. Menyebutkan rukun dan wajib haji
e. Menyebutkan sunnah haji
6. Instrumen Penilaian tes tertulis
a. Sebutkan pengertian haji ?
b. Tuliskan dalil al Qur’an dan hadits Nabi dengan terjemahnya tentang haji ?
c. Sebutkan perbedaan rukun dengan wajib haji ?
d. Sebutkan macam-macam sunnah haji ?
Guru Pamong Herawaty Nur, S.Ag | Guru Mata Pelajaran Dedy Kusuma W |
No comments:
Post a Comment